Aceh Utara – Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib menjenguk kondisi korban kebakaran rumah di Gampong Ceumeucet Kecamatan Pirak Timu, sekaligus menyerahkan bantuan masa panik, Rabu, 2 Oktober 2019.

Kehadiran Bupati dan rombongan disambut langsung oleh korban rumah terbakar bernama Tarmiyah bersama anak-anaknya yang masih balita dan usia sekolah. Pada kesempatan itu, Bupati H Muhammad Thaib menyatakan turut berduka atas musibah kebakaran yang menimpa korban. Begitupun, Bupati meminta korban tetap tabah dan sabar menghadapi hal tersebut.

Menurut Tarmiyah, rumah miliknya yang berdinding papan dan atap rumbia terbakar dua hari lalu. Api berasal dari bagian belakang rumah atau bagian dapur. Karena kondisi bangunan yang sudah tua dan bahan-bahan yang mudah terbakar, api dengan cepat merambat dan menghanguskan bagian belakang.

Pada kesempatan itu, Bupati H Muhammad Thaib turut menyerahkan uang santunan kepada korban. Santunan juga diberikan oleh Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Mohammad Sjamsul Rizal, serta dari Ketua DPRK Aceh Utara Arafat yang turut mendampingi Bupati dalam kunjungan tersebut.

Selain itu, bantuan masa panik juga diberikan dalam bentuk bahan sembako, peralatan dapur, bahan sandang dan perlengkapan tidur, perlengkapan shalat, serta perlengkapan sekolah anak-anak. Bantuan masa panik ini bersumber dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan juga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara.

Lebih jauh, Bupati H Muhammad Thaib pada kesempatan itu mengatakan Pemkab Aceh Utara akan berupaya membangun rumah layak huni untuk korban kebakaran, Tarmiyah. “Sumbernya nanti akan kita upayakan, bisa dari Pemerintah Aceh, atau bisa dari Baitul Mal, atau sumber lain. Kalau dari dana desa tidak mungkin karena jumlah warga miskin yang membutuhkan rumah cukup banyak dan tidak tertampung dengan dana desa,” ungkap Cek Mad, sapaan akrab Bupati Aceh Utara.

Kunjungan Bupati H Muhammad Thaib untuk menjenguk korban kebakaran di Gampong Ceumeucet Kecamatan Pirak Timu turut didampingi Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Mohammad Sjamsul Rizal, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat, Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara Drs Amir Hamzah, Plt Kadis Sosial PPA Aceh Utara Zulkarnaini, MPd, Camat Pirak Timu Ismohar, S.STP, M.Si, serta jajaran Muspika setempat.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
TTD
Andree Prayuda, S.STP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.