Aceh Utara – Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib bertindak sebagai inspektur upacara pada apel Satgas pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 0103/Aceh Utara dipusatkan di lapangan Gampong Plu Pakam Kecamatan Tanah Luas, Rabu, 2 Oktober 2019.

Kegiatan itu dihadiri ratusan masyarakat setempat, tokoh pemuda, pemuka agama, para geusyik dan imum mukim, jajaran Muspika, Camat Tanah Luas Usman, S.Sos, sejumlah pimpinan SKPK Aceh Utara, para pimpinan satuan TNI/Polri, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco, SH, Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasnul Arifin Siregar S.Sos M.Tr, serta para pejabat jajaran Forkopimda Aceh Utara.

Mengawali upacara pembukaan TMMD, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Agung Sukoco, SH, melaporkan bahwa kegiatan TMMD reguler ke-106 tersebut akan berlangsung selama 30 hari, yaitu tanggal 2 hingga 31 Oktober 2019, bertempat di Gampong Plu Pakam Kecamatan Tanah Luas.

Untuk melancarkan kegiatan, pihaknya menurunkan personel dari jajaran TNI sebanyak 1 SSK, dari Polri 1 SST, dari jajaran Pemda 20 orang dan kalangan masyarakat 30 orang. Sedangkan peralatan utama yang digunakan antara lain alat berat excavator, greider, vibro roller, buldozer, dan water tanker masing-masing 1 unit. Selain itu, juga dibutuhkan dump truk sebanyak 5 unit.

Menurut Agung Sukoco, dalam TMMD tersebut akan menyasar dua sasaran kegiatan, yaitu bersifat fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik meliputi pembukaan dan pembersihan jalan sepanjang 7 km dan lebar 6 meter, serta memasang dua titi gorong-gorong. “Jalan ini nantinya membuka akses arus transportasi dari Gampong Plu Pakam ke Gampong Bukit Makarti yang selama ini belum ada akses yang bisa dilintasi masyarakat,” kata Agung.

Selain itu, pihaknya juga akan membantu rehab dua unit rumah penduduk menjadi rumah layak huni, mengecat satu unit meunasah, serta membangun lapangan bola voly yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh anak-anak muda sebagai sarana olahraga.

“Kami harapkan hasil TMMD ini nantinya dengan membuka akses jalan akan mendorong perputaran roda ekonomi masyarakat di sini. Di Plu Pakam ini kan sarat dengan produksi hasil perkebunan, namun selama ini terhambat oleh infrastruktur jalan yang tidak memadai. Bahkan warga Buket Makarti selama ini kalau mau ke Ibukota Kecamatan harus melalui jalan empat kecamatan lain, baru sampai ke Tanah Luas,” kata Dandim Agung Sukoco.

Bupati H. Muhammad Thaib dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan TMMD diadakan di Gampong Plu Pakam yang merupakan salah satu gampong pedalaman yang cukup terisolir. “Kegiatan TMMD ini sangat terbantu masyarakat dan Pemerintah Daerah, saya sangat mengapresiasi kepada TNI, khususnya Kodim Aceh Utara,” ungkap Cek Mad, sapaan akrab Bupati.

Menurut Cek Mad, jalan yang dikerjakan melalui TMMD ini merupakan jalan perintis yang menghubungkan antara Plu Pakam dan Bukit Makarti. Kedua gampong ini merupakan kawasan perkebunan, baik sawit, kakao, pinang dan karet, bahkan juga jenis tanaman buah seperti rambutan, durian dan langsat. “Dengan terbukanya akses transportasi ini kita harapkan roda ekonomi masyarakat akan lebih berkembang dan mensejahterakan,” harapnya.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
TTD
Andree Prayuda, S.STP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.