Aceh Utara – Website resmi milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang berlabel acehutara.go.id saat ini sudah bisa diakses kembali setelah sempat down selama beberapa hari.
Kepala Bagian Komunikasi, Informatika dan Persandian Setdakab Aceh Utara Yulizar, S.Sos, M.Si, mengatakan pihaknya telah memperbaiki kembali server penyedia jaringan internet milik Pemkab Aceh Utara.
“Alhamdulillah, sekarang sudah bisa kembali diakses, kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat yang sempat mengakses situs-situs milik Pemkab Aceh Utara beberapa hari terakhir karena tidak bisa dibuka,” ungkap Yulizar, Senin, 2 November 2020.
Yulizar menjelaskan, kerusakan pada server internet Pemkab Aceh Utara disebabkan karena seringnya mati lampu di ruang server. “Server crash karena seringnya mati lampu di ruangan,” ungkapnya.
Hal tersebut, lanjut Yulizar, menyebabkan semua sistem yang terhubung ke acehutara.go.id tak bisa dibuka. Baik website resmi milik SKPK-SKPK maupun yang ada di Setdakab seperti website Humas http://humas.acehutara.go.id. “Seluruh website dikelola oleh Bagian Kominfo, termasuk punya masyarakat, sehingga saat servernya crash maka seluruh website menjadi padam, tidak bisa diakses,” jelasnya.
Menurut Yulizar, saat ini seluruh SKPK di lingkungan Pemkab Aceh Utara masing-masing sudah memiliki website resmi. Bahkan juga gampong-gampong juga telah memiliki website sebagai tempat publikasi berbagai kegiatan dan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Pihaknya yakin, ketersediaan informasi via website resmi akan sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan data-data yang akurat tentang kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Aceh Utara.
Oleh sebab itu, lanjut Yulizar, Pemkab Aceh Utara memprioritaskan pengembangan jaringan internet sehingga bisa diakses masyarakat di seluruh pelosok daerah ini. Lebih-lebih di zaman digital sekarang, kebutuhan internet dan layanan publik, maupun informasi-informasi yang dapat diakses melalui website resmi pemerintah merupakan satu keharusan.
“Sekali lagi kami minta maaf atas kerusakan server, sehingga website Pemkab Aceh Utara tidak dapat diakses beberapa hari kemarin. Alhamdulillan, sekarang sudah normal kembali,” kata Yulizar.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
TTD
Andree Prayuda, S.STP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.