Lhoksukon – Puncak peringatan Hari Amal Bakti ke 73 jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara ditandai dengan gelar upacara bendera berlangsung di halaman Kantor Kemenag setempat kawasan Gampong Alue Muden Kecamatan Lhoksukon, Kamis, 3 Januari 2019.

Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, kegiatan itu turut dihadiri seluruh unsur Forkopimda setempat, Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Drs Salamina, para Kepala KUA, para Kepala Madrasah, dan seluruh staf ASN.

Pada kesempatan itu, Bupati H Muhammad Thaib membacakan amanat Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, di antaranya mengatakan bahwa Kementerian Agama dibentuk oleh Pemerintah pada 3 Januari 1946 sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam negara kesatuan RI. Pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara hingga kini.

Berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat, agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antarumat beragama yang kian rekat. Dan pada akhirnya agar kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat.

Kendati negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kemenag tahun ini, yaitu “Jaga Kebersamaan Umat”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati H Muhammad Thaib didampingi Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Drs Salamina menyerahkan anugerah tanda kehormatan satya lencana Karya Satya 10 dan 20 tahun. Masing masing Karya Satya 20 tahun diterima oleh Syarifah Fitriah, SPdI, serta Maulina, SHI, dan Sri Werisdiyuni, SPd, untuk Karya Satya 10 tahun. Selain itu, juga diserahkan santunan untuk pegawai purna bakti dalam jajaran Kemenag setempat.

Sebelumnya, Kantor Kemenag Aceh Utara telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HAB ke 73. Di antaranya donor darah massal mengumpulkan 95 kantong darah, gotong royong membersihkan masjid, bantuan sajadah, dan perlombaan olahraga. *

Lhoksukon, 3 jan 2019
Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
Ttd
Andree Prayuda, SSTP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.