ACEH UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara mengutamakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di kabupaten setempat. Hal itu dilakukan bertujuan untuk memutuskan mata rantai kemiskinan dan pengangguran di daerah tersebut.

“Di Aceh Utara terdapat 27 kecamatan, 852 desa dengan jumlah penduduk hampir mencapai 600.000 jiwa. Dengan jumlah APBK yang ada tentunya memiliki keterbatasan baik dari segi pembangunan maupun pengembangan SDM,” kata Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib pada kegiatan silaturrahmi dan penyampaian program kerja terkait dengan pengembangan SDM, Rabu (9/1).

Cek Mad sapaan akrab Muhammad Thaib juga menambahkan, untuk periode kedua masa kepemimpinannya. Fokus utamanya saat ini yaitu mengembangkan SDM, karena dengan SDM tersebut yang bermutu dan berkualitas akan mampu memutuskan mata rantai kemiskinan dan pengangguran yang ada di Aceh Utara.

“Saya sangat mendukung penuh terhadap rencana pelaksanaan kegiatan pelatihan sertifikasi kompetensi untuk menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai baik untuk skala lokal, nasional, maupun internasional,” ungkap Cek Mad.

Cek Mad juga menyebutkan, pihaknya sangat bersyukur Balai Besar Pengembangan SDM telah memberikan kepercayaan kepada Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk melatih sekitar 200 pemuda tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengikuti pelatihan Web Developer, Mobile Programer dan Intermediate Animator serta Graphic Designer.

“Kami berharap, untuk pemuda Aceh Utara diberikan kuota yang lebih besar. Sehingga mereka bisa mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bekal untuk bersaing di kancah global,” ujarnya.

Untuk ke depan, sambungnya, pihaknya akan selalu mendukung setiap program yang ada di Kominfo ataupun sebaliknya atau program peningkatan kapasitas SDM yang bisa di support Kominfo juga.

Sehingga, secara perlahan Aceh Utara dapat menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dalam menyonsong kawasan ekonomi kusus (KEK) Arun Lhokseumawe, masyarakat ekonomi ASEAN maupun tantangan Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Lhoksukon, 9 jan 2019
Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
Ttd
Andree Prayuda, SSTP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.