Aceh Utara – Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, Sabtu (15/12), menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2019 sebesar Rp 2,1 triliun yang diserahkan oleh  Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Serah terima tersebut berlangsung di  aula serbaguna  Setda Aceh di Banda Aceh.

Anggaran DIPA 2019 untuk Aceh Utara merupakan yang terbesar dibanding dengan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Aceh. Prosesi serah terima yang dilakukan oleh Plt Gubernur Nova Iriansyah, untuk jatah Aceh Utara diberikan pada urutan kedua setelah Pemko Banda Aceh dan sebelum Pemkab Simeulu. Urutan itu diberikan berdasarkan cepatnya selesai pembahasan dan kesepakatan bersama DPRK dalam persetujuan APBK tahun 2019 di masing-masing Kabupaten/Kota.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Aceh Utara bersama DPRK telah menuntaskan pembahasan APBK 2019 dan dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama pada 28 November 2018. Hal itu atas inisiatif dan ketegasan Bupati H Muhammad Thaib alias Cek Mad dalam menyikapi usulan APBK tersebut, dan meminta Tim Anggaran untuk bekerja maksimal guna menyelesaikan APBK 2019 tepat waktu, sehingga tidak menghambat pelaksanaan anggaran 2019 nantinya.

“Ini merupakan suatu apresiasi bagi Aceh Utara, di mana berkat inisiatif dan ketegasan Bupati H Muhammad Thaib sehingga penyerahan DIPA Aceh 2019 kita diberikan pada urutan kedua setelah Kota Banda Aceh,” ungkap Kabag Humas Setdakab Aceh Utara Andree Prayuda, SSTP, MAP, Senin (17/12).

Porsi DIPA 2019 untuk Kabupaten Aceh Utara meliputi Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik, serta  alokasi dana desa untuk Aceh Utara yang merupakan terbesar di Aceh.

Bupati H Muhammad Thaib pada kesempatan itu mengharapkan dengan besarnya DIPA 2019 semoga dapat meningkatkan kinerja jajaran pemerintah daerah, mulai dari aparatur gampong hingga aparatur pembina di atasnya, yakni pihak kecamatan dan dinas terkait. Hal ini semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Aceh Utara melalui pembangunan berbasis gampong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.