Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan Bank BRI Kanwil Provinsi Aceh meneguhkan komitmen kerjasama untuk membantu unit usaha Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama Kecamatan Nisam, khususnya dalam pengembangan usaha pertanian padi IF-8.

Komitmen tersebut diungkapkan masing-masing pihak dalam pertemuan di ruang kerja Bupati Aceh Utara, Kamis, 24 Januari 2019. Hadir pada kesempatan itu Bupati H Muhammad Thaib,  Kepala Cabang Bisnis dan Kemitraan Bank BRI Kanwil Provinsi Aceh Irwan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh Drs Bukhari MM, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Aceh Utara Drs Mawardi, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pimpinan BUMG Bersama Kecamatan Nisam Tgk Munirwan SHI mengatakan BUMG tersebut terbentuk atas kerjasama enam gampong di kecamatan itu. Saat ini telah terkumpul modal kerja swadaya senilai Rp 1,2 miliar, namun untuk bisa beroperasional penuh pihaknya membutuhkan modal kerja sekitar Rp 5,6 miliar.

Menurut Munirwan, BUMG tersebut dibentuk untuk mengelola objek usaha potensial di bidang pertanian padi varietas IF-8 yang selama ini telah menunjukkan hasil yang sangat prospek bagi pengembangan ekonomi masyarakat. Tersebab itu, pihaknya ingin mengembangkan padi varietas tersebut ke seluruh wilayah Aceh Utara, bahkan juga ke daerah-daerah lain, sesuai dengan arahan dari Bupati H Muhammad Thaib.

BUMG ini, kata Munirwan, akan mengusahakan pengadaan benih padi IF-8, pengadaan pupuk dan obat-obatan, serta jual-beli gabah petani setempat yang mencapai 80 ton per panen. Pihaknya juga telah menjalankan bisnis toko swalayan atau minimarket. Untuk itu dibutuhkan modal kerja sekitar Rp 5,6 miliar.

Bupati  Aceh Utara H Muhammad Thaib pada kesempatan itu mengungkapkan pihaknya sangat mendukung rencana bisnis yang akan dijalankan oleh BUMG Bersama Kecamatan Nisam. Padi IF-8 bahkan akan dikembangkan ke seluruh areal pertanian sawah di Aceh Utara karena hasil panennya sangat menjanjikan bagi kesejahteraan petani.

Bupati Muhammad Thaib sangat mengharapkan agar BUMG Nisam ini dapat menjadi contoh bagi BUMG-BUMG lainnya di wilayah Aceh Utara. Pihaknya juga sangat mengapresiasi Bank BRI yang cukup respek terhadap program pengembangan ekonomi gampong yang digerakkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Kepala Cabang Bisnis dan Kemitraan Bank BRI Kanwil Provinsi Aceh Irwan menjelaskan pihaknya komit untuk menjadi mitra Pembina bagi BUMG-BUMG yang ada di Aceh Utara. Sejauh ini pihaknya telah meninjau langsung BUMG Bersama di Kecamatan Nisam, dan yakin unit usaha tersebut akan tumbuh dan berkembang, serta memberikan profit yang menguntungkan secara ekonomi. Untuk tahap awal pihaknya telah menghadirkan unit BriLink untuk BUMG tersebut di Kecamatan Nisam.

Kepala BPMG Provinsi Aceh Drs Bukhari MM mengatakan BUMG Bersama Kecamatan Nisam akan dijadikan pilot project pengembangan BUMG yang sebagian modalnya bersumber dana desa. Selain di Aceh Utara, hal serupa juga dilakukan di empat kabupaten/kota lainnya, yang terwujud atas kerjasama dengan pihak Bank BRI.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
Ttd
Andree Prayuda, SSTP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.