Aceh Utara – Letkol Inf Agung Sukoco, SH, resmi menggantikan Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto sebagai Komandan Kodim 0103/Aceh Utara. Prosesi temu pisah di antara keduanya berlangsung di aula Pendopo Bupati Aceh Utara jln Merdeka No. 1 Lhokseumawe, Kamis malam, 28 Maret 2019.

Prosesi temu pisah diawali dengan peusijuek untuk Dandim yang baru Letkol Inf Agung Sukoco bersama istri dilakukan oleh Imum Syik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon Tgk H Jamaluddin Ismail atau akrab disapa Walidi. Juga dilakukan pemasangan kupiyah meukutop oleh Bupati H Muhammad Thaib didampingi oleh Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya.

 

Pemasangan kupiyah meukutop merupakan prosesi adat bahwa Letkol Inf Agung Sukoco telah diterima menjadi warga kehormatan di daerah berjuluk Bumi Pase ini.

Mantan Dandim 0103/Aut Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto dalam sambutannya menyatakan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat Aceh Utara yang telah mendukungnya dalam bertugas di daerah ini sekitar dua tahun. Salah satu paling berkesan baginya adalah sempat melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Cut Meutia di pedalaman di mana pihaknya harus berjalan kaki selama 10 jam.

“Ini adalah yang paling berkesan bagi saya selama bertugas di Aceh Utara, kalau yang lain lain bersifat tugas rutinitas yang mesti kita jalankan,” ungkap Letkol Fadjar yang kini dipercaya memegang jabatan baru di Kodam Iskandar Muda menjadi Kepala Sandi Kodam.

Komandan Kodim yang baru Letkol Inf Agung Sukoco pada kesempatan itu memohon dukungan dari segenap lapisan masyarakat, baik pemerintah daerah maupun unsur lainnya, sehingga pihaknya dapat menjalankan tugas dengan baik sebagai Dandim.

Letkol Agung mengatakan bertugas di Kodim 0103 /Aut baginya serasa pulang kampung yang telah lama dinanti nantikan. Agung dulu bersekolah dari SD hingga SMA di Kota Lhokseumawe, juga lama bertugas dalam jajaran TNI di wilayah Aceh Utara. Bahkan istrinya juga merupakan putri Aceh. Jadi baginya bertugas di Kodim Aceh Utara tidaklah terasa asing.

Bupati H Muhammad Thaib dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat yakin di bawah Letkol Agung Kodim Aceh Utara tetap akan lebih baik lagi. Apalagi Letkol Agung sebelumnya telah lama bertugas di Aceh Utara, sehingga cukup tahu dengan karakter daerah dan karakter masyarakat di sini.

Menurut Bupati H Muhammad Thaib, ada agenda besar nasional yang akan dihadapi dalam waktu dekat ke depan, yaitu pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Agenda ini memang berat, akan tetapi jika semua pihak bekerja sama dan saling mendukung maka agenda ini akan dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Bahkan Aceh Utara dalam Pilkada yang lalu pernah meraih prestasi sebagai daerah paling kondusif dalam pelaksanaan Pilkada.

Acara pisah sambut Dandim 0103/Aut turut dihadiri oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa, Komandan Lanal Lhokseumawe, jajaran Forkopimda, para Kepala SKPK, para Camat, para komandan satuan TNI / Polri, para pimpinan Ormas dan OKP serta tokoh masyarakat.

Kabag Humas Setdakab Aceh Utara
Ttd
Andree Prayuda, SSTP, MAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.